Jika tidak adanya komponen atau sparepart yang kurang maka kendaraan tersebut tidak akan berjalan dengan lancar bahkan tidak hidup
Bagian bagian part yang ada di dalam mesin :
Silinder head
Cylinder head merupakan komponen dari engine yang merupakan tempat dudukan bagi valve, injector, pre-combustion chamber, dan juga jalur lewatnya air pendingin. biasanya terdapat dua tipe cylinder head yaitu tipe solid dan juga tipe modular.
Isi dari cylinder head ada beberapa komponen penunjang yang melengkapinya yaitu :
Katup
katup adalah perangkat mekanikal yang bertugas mengendalikan operasional katup masuk (intake) dan katup buang (exhaust) pada mesin pembakaran dalam. Katup masuk (intake valve) berfungsi untuk mengatur aliran campuran bahan bakar udara (atau hanya udara saja pada mesin dengan sistem induksi model direct injection) ke dalam ruang bakar (combustion chamber).
Cam Shaft/noken as
Poros bubungan adalah sebuah alat yang digunakan dalam mesin torak untuk menjalankan valve poppet. Dia terdiri dari batangan silinder. Cam membuka katup dengan menekannya, atau dengan mekanisme bantuan lainnya, ketika mereka berputar. Hubungan antara perputaran camshaft dengan perputaran poros engkol sangat penting.
Piston
Fungsi dari piston yang pertama adalah mengatur volume silinder. Bisa dibilang, fungsi ring piston ini yang paling utama dibandingkan lainnya. ... Ketika piston sedang turun, maka volume silinder menjadi lebih besar. Mesin akan menghisap campuran udara dan bensin ke dalam ruang bakar
Kruk as
Sehingga fungsi utama dari crankshaft adalah mengubah gerakan naik turun yang dihasilkan oleh piston menjadi gerakan memutar yang nantinya akan diteruskan ke transmisi. Crankshaft harus terbuat dari bahan yang kuat dan mampu menahan beban atau momen yang kuat karena crankshaft harus menerima putaran mesin yang tinggi.
Ring piston
Ketiga fungsi tersebut akan dijelaskan di bawah ini. Ring piston biasanya terletak di bagian atas ruang piston, dan disebut sebagai ring kompresi. Ring ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi dalam ruang bakar. Ruang bakar sendiri berisi campuran antara udara dan bahan bakar.
CDI
CDI akan bekerja untuk mengatur kapan waktunya percikan api dari busi bisa digunakan pada bahan bakar yang telah dipadatkan piston. Fungsi CDI motor besar pengaruhnya pada sistem pengapian mesin motor dan mempengaruhi performanya.
Coil
Jadi, fungsi koil adalah sebagai alat untuk menaikkan tegangan listrik dari 12 volt hingga menjadi 25.000 volt dari hasil induksi elektromagnetik yang dihasilkan dari kedua kumparan primer dan sekunder.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar